Jumat, 09 April 2010

JENIS PENELITIAN

Penelitian dapat digolongkan atau dibagi ke dalam beberapa jenis.
A. Kriteria-kriteria penggolongan tersebut antara lain :
1. Tujuan
2. Pendekatan
3. Tempat
4. Pemakaian atau hasil / alasan yang diperoleh
5. Bidang ilmu yang diteliti
6. Taraf Penelitian
7. Teknik yang digunakan
8. Keilmiahan
9. Spesialisasi bidang (ilmu) garapan
Pembagian secara umum antara lain :
B. Berdasarkan Bidang yang diteliti:
1. Penelitian Sosial : Secara khusus meneliti bidang sosial : ekonomi, pendidikan, hukum dsb
2. Penelitian Eksakta : Secara khusus meneliti bidang eksakta : Kimia, Fisika, Teknik; dsb
C. Berdasarkan Teknik yang digunakan :
1. Survey Research (Penelitian Survei) : Tidak melakukan perubahan (tidak ada perlakuan khusus) terhadap variabel yang diteliti:
2. Experimen Research (Penelitian Percobaan) : dilakukan perubahan (ada perlakuan khusus) terhadap variabel yang diteliti;
D. Berdasarkan Keilmiahan :
1. Penelitian Ilmiah : Menggunakan kaidah-kaidah ilmiah (Mengemukakan pokok-pokok pikiran, menyimpulkan dengan melalui prosedur yang sistematis dengan menggunakan pembuktian ilmiah / meyakinkan. Ada dua kriteria dalam menentukan kadar / tinggi-rendahnya mutu ilmiah suatu penelitian yaitu :
a. Kemampuan memberikan pengertian yang jelas tentang masalah yang diteliti:
b. Kemampuan untuk meramalkan : sampai dimana kesimpulan yang sama dapat dicapai apabila data yang sama ditemukan di tempat atau waktu lain.
2. Ciri-ciri Penelitian Ilmiah :
a) Purposiveness : fokus tujuan yang jelas;
b) Rigor : teliti, memiliki dasar teori dan disain metodologi yang baik;
c) Testibility : prosedur pengujian hipotesis jelas
d) Replicability : Pengujian dapat diulang untuk kasus yang sama atau yang sejenis;
e) Objectivity : Berdasarkan fakta dari data aktual : tidak subjektif dan emosional;
f) Generalizability : Semakin luas ruang lingkup penggunaan hasilnya semakin berguna;
g) Precision : Mendekati realitas dan confidence peluang kejadian dari estimasi dapat dilihat;
h) Parsimony : Kesederhanaan dalam pemaparan masalah dan metode penelitiannya.
3. Penelitian non ilmiah : Tidak menggunakan metode atau kaidah-kaidah ilmiah.
E. Berdasarkan Spesialisasi Bidang (ilmu) garapannya
Bisnis (Akunting, Keuangan, Manajemen, Pemasaran), Komunikasi (Massa, Bisnis, Kehumasan/PR, Periklanan), Hukum (Perdata, Pidana, Tatanegara, Internasional), Pertanian (agribisnis, Agronomi, Budi Daya Tanaman, Hama Tanaman), Teknik, Ekonomi (Mikro, Makro, Pembangunan), dll;
F. Berdasarkan dari hadirnya variabel (ubahan) : Variabel adalah hal yang menjadi objek penelitian, yangd itatap, yang menunjukkan variasi baik kuantitatif maupun kualitatif. Variabel : masa lalu, sekarang, akan datang. Penelitian yangd ilakukan dengan menjelaskan / menggambarkan variabel masa lalu dan sekarang (sedang terjadi) adalah penelitian deskriptif ( to describe = membeberkan / menggambarkan). Penelitian dilakukan terhadap variabel masa yang akan datang adalah penelitian eksperimen.
G. Penelitian secara umum : Penelitian survey
a. Untuk memperoleh fakta dari gejala yang ada;
b. Mencari keterangan secara faktual dari suatu kelompok, daerah dsb;
c. Melakukan evaluasi serta perbandinagn terhadap hal yang telah dilakukan orang lain dalam menangani hal yang serupa;
d. Dilakukan terhadap sejumlah individu / unit baik secara sensus maupun secara sampel;
e. Hasilnya untuk pembuatan rencana dan pengambilan keputusan;
f. Penelitian ini dapat berupa :
1. Penelitian Exploratif (Penjajagan): Terbuka, mencari-cari, pengetahuan peneliti tentang masalah yang diteliti masih terbatas. Pertanyaan dalam studi penjajagan ini misalnya : Apakah yang paling mencemaskan anda dalam hal infrastruktur di daerah Kalbar dalam lima tahun terakhir ini? Menurut anda, bagaimana cara perawatan infrastruktur jalan dan jembatan yang baik?
2. Penelitian Deskriptif : Mempelajari masalah dalam masyarakat, tata cara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi-situasi, sikap, pandangan, proses yang sedang berlangsung, pengaruh dari suatu fenomena; pengukuran yang cermat tentang fenomena dalam masyarakat. Peneliti menegmbangkan konsep, menghimpun fakta, tapi tidak menguji hipotesis;
3. Penelitian Evaluasi : mencari jawaban tentang pencapaian tujuan yang digariskan sebelumnya. Evaluasi disini mencakup formatif (melihat dan meneliti pelaksanaan program), Sumatif (dilaksanakan pada akhir program untuk mengukur pencapaian tujuan);
4. Penelitian Eksplanasi (Penjelasan) : Menggunakan data yang sama, menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui pengujian hipotesis;
5. Penelitian Pengembangan Sosial : Dikembangkan berdasarkan survei yang dilakukan secara berkala: Misal : Jumlah dan Persentase Penduduk Miskin di Kalbar, 1998-2003; Grounded Research : Mendasarkan diri pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan; bertujuan mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori; pengumpulan dan analisis data dalam waktu yang bersamaan. Dalam riset ini data merupakan sumber teori, teori berdasarkan data. Ciri-cirinya : Data merupakan sumber teori dan sumber hipotesis, Teori menerangkan data setelah data diurai. Uraian berdasarkan data; Teori yang
Data -------- Analisis menjadi konsep dan Hipotesis----- menerangkan Berdasarkan data
6. Penelitian kasus atau Studi Kasus : Mempelajari secara intensif latar belakang serta interaksi lingkungan dari unit yang menjadi subjek; tujuannya memberikan gambaran secara detail tentang latar belakang, sifat, karakteristik yang khas dari kasus, yang kemudian dijadikan suatu hal yang bersifat umum. Hasilnya merupakan suatu generalisasi dari pola-pola kasus yang tipikal. Ruang lingkupnya bisa bagian / segmen, atau keseluruhan siklus /aspek. Penelitian ini lebih ditekankan kepada pengkajian variabel yang cukup banyak pada jumlah unit yang kecil.
7. Penelitian Eksperimen : Dilakukan dengan mengadakan manipulasi terhadap obyek penelitian serta diadakan kontrol terhadap variabel tertentu; Untuk pengujian hipotesis tertentu; dimaksudkan untuk mengetahui hubungan hubungan sebab - akibat variabel penelitian; Konsep dan varaiabelnya harus jelas, pengukuran cermat. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki ada tidaknya hubungan sebab-akibat serta berapa besar hubungan sebab-akibat tersebut dengan cara memberikan perlakukan tertentu pada beberapa kelompok eksperimental dan menjediakan kontrol untuk perbandingan.
Penggolongan Menurut Jenis/Ragam Penelitian
1. Tujuan : a.Eksplorasi; b. Pengembangan; c. Verifikasi
2. Pendekatan a. Longitudinal; b. Cross-sectional; c. Kuantitatif; d. Survei; e. Assessment; f. Evaluasi; g. Action Research; h.
3. Tempat Library; Laboratorium’Field
4. Pemakaian Pure;Applied
5. Bidang Ilmu Pendidikan; Agama; Manajemen; Komunikasi; Administrasi; Keteknikan; Bahasa; Hukum; Sejarah; Antropologi; Sosiologi; Filsafat.
6. Taraf Penelitian Deskriftif;Eksplanasi
7. Saat terjadinya variabel Historis;Ekspos-Fakto;Eksperimen Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
1. Kejelasan Unsur : Tujuan, pendekatan, subjek, sampel, Sumber data sudah mantap, rinci sejak awal Subjek sampel, sumber data tidak mantap Dan rinci, masih fleksibel, timbul dan berkembangnya sambil jalan
2. Langkah penelitian : Segala sesuatu direncanakan sampai Matang ketika persiapan disusun Baru diketahui denagn mantap dan jelas setelah penelitian selesai
3. Hipotesis (Jika memang perlu) a. Mengajukan hipotesis yang akan diuji dalam penelitian; b. Hipotesis menentukan hasil yang diramalkan--- a priori Tidak menegmukakan hipotesis sebelumnya, tetapi dapat lahir selama penelitian berlangsung--- tentatif Hasil penelitian terbuka
4. Disain : Dalam disain jelas langkah-langkah penelitian dan hasil yang diharapkan Disain penelitiannya fleksibel dengan langkah dan hasil yang tidak dapat dipastikan sebelumnya; 5. Pengumpulan data : Kegiatan dalam pengumpulan data memungkinkan untuk diwakilkan Kegiatan pengumpulan data selalu harus dilakukan sendiri oleh peneliti. 6. Analisis data : Dilakukan sesudah semua data terkumpul. Dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data
TUJUAN PENELITIAN :
Secara umum ada empat tujuan utama :
1. Tujuan Exploratif (Penemuan) : menemukan sesuatu yang baru dalam bidang tertentu;
2. Tujuan Verifikatif (Pengujian): menguji kebenaran sesuatu dalam bidang yang telah ada;
3. Tujuan Developmental (Pengembangan) : mengembangkan sesuatu dalam bidang yang telah ada;
4. Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, Disertasi)
PERANAN PENELITIAN
1. Pemecahan Masalah : meningkatkan kemampuan untuk menginterpretasikan fenomena-fenomena dari suatu masalah yang kompleks dan kait mengkait;
2. Memberikan jawaban atas pertanyaan dalam bidang yang diajukan : meningkatkan kemampuan untuk menjelaskan atau menggambarkan fenomena-fenomena dari masalah tersebut; 3. Mendapatkan pengetahuan / ilmu baru :
PERSYARATAN PENELITIAN :
Mengikuti konsep ilmiah; 2. Sistematis : Pola tertentu; 3. Terencana Penelitian dikatakan baik bila : 1. Purposiveness : Tujuan yang jelas; 2. Exactitude : Dilakukan dengan hati-hati, cermat, teliti; 3. Testability : Dapat diuji atau dikaji; 4. Replicability : Dapat diulang oleh peneliti lain; 5. Precision and Confidence : Memiliki ketepatan dan keyakinan jika dihubungkan dengan populasi atau sampel; 6. Objectivity : Bersifat objektif; 7. Generalization : Berlaku umum; 8. Parismony : Hemat, tidak berlebihan; 9. Consistency : data atau ungkapan yang digunakan harus selalu sama bagi kata atau ungkapan yang memiliki arti sama; 10. Coherency : Terdapat hubungan yang saling menjalin antara satu bagian dengan bagian lainnya.
PROSEDUR / LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN :
Garis besar : a. Pembuatan rancangan; b. Pelaksanaan penelitian; c. Pembuatan laporan penelitian Bagan arus kegiatan penelitian : 1. Memilih Masalah; memerlukan kepekaan 2. Studi Pendahuluan; studi eksploratoris, mencari informasi; 3. Merumuskan Masalah; jelas, dari mana harus mulai, ke mana harus pergi dan dengan apa 4. Merumuskan anggapan dasar; sebagai tempat berpijak, (hipotesis); 5. Memilih pendekatan; metode atau cara penelitian, jenis / tipe penelitian : sangat emenentukan variabel apa, objeknmya apa, subjeknya apa, sumber datanya di mana; 6. Menentukan variabel dan Sumber data; Apa yang akan diteliti? Data diperoleh dari mana? 7. Menentukan dan menyusun instrumen; apa jenis data, dari mana diperoleh? Observasi, interview, kuesioner? 8. Mengumpulkan data; dari mana, dengan cara apa? 9. Analisis data; memerlukan ketekunan dan pengertian terhadap data. Apa jenis data akan menentukan teknis analisisnya 10. Menarik kesimpulan; memerlukan kejujuran, apakah hipotesis terbukti? 11. Menyusun laporan; memerlukan penguasaan bahasa yang baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar